Mengenal 7 Wajah Cinta

Mengenal 7 Wajah Cinta

Setiap orang memiliki definisi sendiri tentang cinta. Meski begitu, ada tujuh jenis cinta yang kita kenal. Salah satunya, mungkin pernah atau sedang Anda alami saat ini.
“Apabila cinta memberi isyarat kepadamu, ikutilah dia, walau jalannya sukar dan curam. Dan apabila sayapnya memelukmu, menyerahlah kepadanya. Walau pedang yang tersembunyi di antara ujung-ujung sayapnya bisa melukaimu.” Itulah definisi Khalil Gibran tentang cinta. Masih banyak penyair lain, pelukis dan pengarang lagu yang memiliki definisi sendiri tentang cinta.

Tapi, apakah cinta itu sebenarnya? Robert Sternberg, seorang psikolog Amerika Serikat berpendapat bahwa cinta dalam sebuah hubungan interpersonal memiliki tiga komponen dasar, yaitu keintiman (intimacy), gairah (passion) dan komitmen (commitment). Ketiga komponen cinta ini kemudian saling berkombinasi satu sama lain sehingga terbentuklah 7 jenis cinta.

Cinta Pertemanan
Jenis cinta ini biasanya hanya terjadi di hubungan pertemanan. Dua individu yang mengalaminya merasakan kedekatan fisik dan emosional. Hubungan pun terjalin hangat. Namun, cinta seperti ini tidak disertai dengan gairah atau emosi yang mendalam, maupun komitmen jangka panjang.

Dalam cinta pertemanan ini tidak ada keterikatan yang memaksa masing-masing pihak untuk selalu bersama-sama.

Cinta pada Pandangan Pertama
Cinta seperti ini sering juga disebut dengan cinta yang datang dari mata lalu turun ke hati. Gairah untuk selalu bersama bisa datang begitu saja ketika melihat suatu objek cinta hadir di depan mata. Rasa ini bisa muncul kapan dan pada siapa saja tanpa perlu terjalin kedekatan terlebih dahulu.

Gairah merupakan satu-satunya komponen cinta yang ada pada jenis hubungan seperti ini. Itu sebabnya, cinta seperti ini mudah muncul dan menghilang.

Cinta Hampa
Komitmen menjadi elemen penting yang mendekatkan kedua individu. Banyak cinta yang kemudian berubah menjadi cinta hampa seiring berlalunya waktu. Hubungan yang pada awalnya terasa hangat dan penuh gairah, berubah menjadi dingin karena keintiman dan gairah yang telah meluntur.

Namun, pada hubungan yang dijodohkan, sering kali yang terjadi malah sebaliknya. Pasangan tersebut memulai cinta yang hampa. Namun, seiring waktu, sedikit demi sedikit keintiman dan gairah pun muncul. Cinta hampa pun bermetamorfosis menjadi cinta yang penuh kehangatan.

Cinta Romantis
Faktor keintiman sangat kuat pada jenis cinta ini. Pasangan yang terlibat akan terlihat senang bersama-sama. Mata mereka seakan menyiratkan gairah yang begitu besar. Itu sebabnya, pasangan cinta inilah yang biasanya disebut sedang mabuk cinta.

Meskipun begitu, pasangan ini belum tentu ingin selamanya bersama-sama menjalani hubungan yang serius.

Cinta Setia
Hubungan cinta jenis ini sering ditemui di dalam pernikahan atau hubungan yang telah cukup lama terjalin. Pada tahap ini, biasanya gairah sudah memudar. Namun, masih ada keintiman dan komitmen yang melekatkan hubungan.

Secara umum cinta setia adalah hubungan yang terjalin antara Anda dengan seseorang yang sudah cukup lama berbagi suka-duka. Cinta setia lebih kuat daripada cinta pertemanan karena adanya komponen komitmen. Selain dalam hubungan pernikahan, cinta setia juga bisa ditemui dalam hubungan persahabatan dan juga di antara kerabat keluarga.

Cinta Buta
Dinamakan cinta buta karena komponen pembentuknya hanyalah gairah dan komitmen. Cinta buta bisa berdampak negatif karena biasanya melibatkan rasa ingin memiliki yang besar sehingga mengikat tiap individu. Terbukti dengan hilangnya rasa saling percaya, sehingga kedekatan antara individu tidak lagi terjalin hangat.

Cinta Sejati
Setiap orang mendambakan cinta jenis ini. Merupakan cinta yang paling sempurna karena adanya komponen keintiman, gairah, dan komitmen dalam satu paket. Keberadaan ketiga komponen cinta membuat jenis hubungan cinta ini cenderung berjalan secara stabil.

Komitmen yang terjalin dalam cinta ini didasari rasa saling menghormati (karena adanya hubungan yang dekat secara fisik maupun emosional), dan juga hasrat untuk selalu bersama yang sangat kuat. Inilah yang membuat cinta sejati akan lebih langgeng dibanding jenis cinta lain.

Apapun jenis cinta yang Anda miliki, semoga Anda bahagia menjalaninya.

http://www.sahabatnestle.co.id/tren_detail.aspx?id=1946

~ oleh oretankoe pada Februari 19, 2009.

Satu Tanggapan to “Mengenal 7 Wajah Cinta”

  1. Bisa dijadikan referensi nih!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: