Mengalir terus! Jalan terus!

Cocok untuk hari minggu, hari mengistirahatkan body, mind (heart) soul spirit.(Kata teman kita mbak Kasandra, psikolog berprestasi yang menulis buku Metamorphosis, 2008, the heart (baca hati non-fisik, perasaan, rasa cinta itu, masuk dalam serangkainya antara mind soul).
Tiga (3) serangkai (body), (mind, heart, soul) (spirit) adalah penyederhanaandari ke-5-nya yang sudah given dari Tuhan bagi kehidupan manusia.Tidak jadi masalah, bukan? hanya kategori (supaya mudah enak dicerna), yang terpenting esensinya. Mereka itu semua membentuk diri kita, bukan?.Meski hari minggu adalah hari istirahat bagi kebanyakan orang,namun hari-hari sesungguhnya terus berjalan ke hari berikutnya. Mengalir terus! Jalan terus! Dari sinilah konsep waktu ditemukan.
Lalu meski hidup (the body), segera berakhir…namun hidup (the spirit)terus mengalir seperti kata Gede Prama (dalam artikel dibawah ini).Yang mengalir, menjadi tak akan berakhir, tak berujung (endless flows)seperti dalam aliran sungai kemuliaan & kebesaranNya Tuhan. Maka dari sinilah muncul terminologi baru: kekal selama-lamanya.Jika kita sudah beruntung hari ini, dan PANDAI menjaganya terus menerus,maka kita akan beruntung selama-lamanya (kata Gede Prama).Jadi ketika sudah beruntung, jangan lupa pakai ilmu BIJAK.Dari sinilah muncul konsep : hidup harus bijak, bukan hanya pandai &beruntung (maaf, apalagi licik & curang).
How is to maintain the good life, then?Dengan terus menjaga diri, agar tidak jatuh (kebawah, dosa) dan tidak tinggi hati (keatas, sombong, menyamai Tuhan, sang atribut kata Gede Prama),Yah, berarti kita tetap harus mengalir ditengah-tengahnya aliran.Tidak terlalu kepinggir kiri dan tidak terlalu kepinggir kanan dari aliran sungai kita. Dalam bahasa bumi (kamadatu & rupadatu),Jika dipuji dan menjadi kaya, tidak tinggi hati dan sombong (keatas),Jika sedang susah banget dan kemalangan, tidak rendah hati dan menghujat Tuhan (kebawah). Tetap saja berjalan di tengah-tengah aliran. Pujian dan kekayaan akan berlalu (karena ia hanya dipinggiran sungai).Kesusahan dan kemalangan/kemiskin an juga akan berlalu (karena ia hanya dipinggiran) .Lalu, muncullah terminologi baru: badai pasti berlalu, ombak akan mereda, krisis akan lewat.Lalu, mucullah terminologi baru: yang konstan hanya perubahan.Yang mengalir juga konstan.
Jadi benar, ketika kita-misalnya- suatu saat jatuh sakit parah (stroke misalnya),maka kesakitan the body akan berlalu, bisa digantikan kesembuhan (perubahan)OR kematian (juga perubahan). Sakit dan sembuh dan mati adalah sebuah aliran yang konstan.Lalu muncullah terminologi baru: hidup itu adalah masalah.Ada benarnya juga, jika kita melihat hidup dari sisi ketika kita sedang sakit (stroke misalnya). dan terminologi baru: hidup itu adalah kesenangan, jika kita sedang nge-top, sedang banyak order, sedang laris manis dan sedang happy. Kata SEDANG…(sedang susah, sedang senang) harus pandai kita kelola.Kata SEDANG, harus segera kita tambahi dengan kata AKAN..!Paling tidak kita pahami sebagai kesementaraan (dan AKAN berganti..), Lalu, muncullah terminologi baru: hidup itu sementara saja.Yang SEDANG akan segera berlalu…dan muncul AKAN..Ia sedang jatuh miskin, dan (tolong dilanjutkan) ia AKAN segera bisa mengatasinyadengan baik (bijak), lalu ia akan membaik kembali. Percayalah (berfikir positif).

LALU, mengapa kita terlalu emosional dan terlalu meledak-ledak, ketika kita SEDANG kebanjiran rejeki OR SEDANG kebanjiran musibah?Tak perlu lagi, khan? Mereka semua AKAN mengalir terus, AKAN jalan terus..(maaf, jangan lupa dengan hidup AKAN…dan jangan berhenti di hidup SEDANG…).

~ oleh oretankoe pada Februari 26, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: