Tujuan sukses

Selesai sholat tahajud teringat perbincangan dengan sahabat tentang tujuan hidup manusia, sempat merenung sejenak tentang tujuan sukses saat itu, setiap manusia pasti mendambakan sebuah kesuksesan dalam dirinya, entah sukses apa yang dikejarnya, karena setiap orang memiliki mimpi yang berbeda, tetapi tujuanya adalah sebuah kesuksesan, entah itu sukses dalam karir, sukses dalam rumah tangga, sukses memulai usaha, sukses mencari kerja, sukses mencari pasangan hidup, pokoknya sukses dalam segala hal.

langkah awal yang perlu dilakukan orang untuk menggapai sukses adalah menetapkan tujuan yang jelas banyak orang mengerjakan sesuatu tapi tak mendapat kesuksesan hanya karena tujuan yang kurang jelas. Banyak orang tak merancang tujuan karena mereka bahkan tak punya gagasan dari mana harus memulainya. Jika Anda termasuk yang seperti ini, berikut beberapa tips yang akan dapat membantu Anda untuk menemukan dari mana harus memulai merancang tujuan, sehingga tidak tahu apa yang harus dikerjakanya.

Tujuan merupakan penjabaran keinginan yang akan dicapai atau dihasilkan dalam jangka waktu tertentu dan bersifat idealistmengandung dan keinginan yang kuat untuk melakukan perubahan kearah yang lebih baik, yang akan menjadi arah perjalanan hidup dengan berdasarkan mimpikita untuk menjadi sebuah kenyataan, yang jelas dan terkonsep dengan nyata, menjadi tindakan-tindakan yang harus diambil, dan dijabarkan dalam keinginan pencapaian-pencapai an yang harus dicapai dalam menggapai sukses yang diinginkan. Pencapaian tujuan agar efektif, harus bersifat spesifik, dapat dilaksanakan, dapat diukur, menantang namun dapat dicapai dan berorientasi pada hasil yang diharapkan seseorang.

Terkdang orang sering salah mengartikan antara tujuan, dengan impian atau harapan. kita harus membedakan antara tujuan dengan Impian dan harapan tidak lebih dari keinginan. Keinginan itu lemah. Keinginan itu kuat bila didukung oleh arah, tekad, pengabdian, disiplin dan batas waktu. hal Inilah yang membedakan antara keinginan dan tujuan. Tujuan adalah impian dengan batas waktu tertentu dan rencana tindakan. Tujuan yang telah ditetapkan dapat bernilai maupun tidak bernilai. Keinginan yang kuatlah yang mengubah impian menjadi kenyataan, bukan harapan.

Apa yang harus anda lakukan dengan tujuan anda.

1. Renungkan tanyakan serta temukan Tujuan anda
Coba anda fikir secara dalam dan masak apa sih yang anda inginkan, cobalah tanayakn dalam keadaan yang nyaman saat benar-benar anda bisa berkomunikasi dengan diri anda sendiri. untuk menemukan tujuan anda, luangkan waktu untuk bermimpi tentang apa yang paling Anda inginkan, Anda ingin seperti apa, atau bahkan tentang apa yang ingin Anda miliki, apa yang akan anda capai.

2. Setelah menemukan beberapa tujuan atau keinginan tulis semua dalam sebuah catatan anda
Setelah mendapatkan impian anda coba ambil kertas atau sebuah agenda tulis semua yang anda inginkan, masukan semua keinginan anda. Jangan takut tulis apa saja yang anda mau, tidak ada batasan hanya anda yang mengetahui diri anda, apa yang anda ingin capai.

3. Pilih tujuan yang tepat
Setelah anda mencatat semua yang anda inginkan tentang mimpi anda, cita-cita anda, keinginan anda, lihat kembali apa yang tertinggal. Setelah yakin semua tercatat saatnya anda pikirkan apakah keinginan itu dapat di capai dalam waktu tertentu, apakah keingin ini akan membawa pengaruh dalam hidup Anda. Apakah mencapai tujuan ini akan membuat Anda lebih bahagia daripada sekarang, jika ternyata impian ini tak membawa pengaruh positif dalam kehidupan Anda, mungkin seharusnya dikesampingkan atau anda coret dari daftar tujuan anda. ingat tujuan yang baiak akan membawa pengaruh positif dalam kehidupan dan dapat diukur perkiraan waktu pencapaianya, sehingga anda memiliki motivasi untuk mengejar dan mencapai semua tujuan ini, bukan cuma sebuah khayalan.

4. Buat Target Pencapaian
Setelah anda yakin dengan pilihan tujuan yang anda buat, kini saatnya dalam kertas anda, dalam buku catatan anda, untuk membuat rencana Rencanakan Bagaimana Cara Meraihnya, apa langkah-langkah yang anda harus lakukan, Pastikan tidak berlebihan dalam mengupayakan mewujudkannya. Anda membutuhkan manajemen dan motivasi untuk mewujudkanya, buat menjadi target-targer kecil yang harus dilakukan, catat hasil yang anda telah lakukan.

Setiap tujuan harus dievaluasi dengan mengujinya dan kesemuanya harus merupakan kesatuan yang harmonis. Tujuan tanpa tindakan adalah impian belaka. Tindakan mengubah impian menjadi tujuan. Bahkan meskipun kita gagal mencapainya, tidak akan membuat kita gagal. Penundaan bukan berarti kekalahan, melainkan kita harus merencanakan kembali bagaimana mencapainya. mengevaluasi apa langkah kita telah tepat.

Tujuan pasti akan terus membakar semangat dalam diri seseorang yang ingin mencapainya pada akhirnya akan membawa mereka menuju sukses yang dinginkan,Seberapa pun besarnya rintangan, kelemahan dan keadaan yang menghalangi jalan yang mereka tempuh untuk menemukan sukses yang dimpikan. pencapaian tersebut akan membuahkan hadiah bagi Anda, yaitu hasil-hasil usaha yang Anda banggakan dan mungkin dihargai orang banyak. Bekerja dengan sebuah tujuan bisa sangat dibedakan seperti membedakan kelemahan dan keistimewaan. Seperti membedakan benda memiliki isi dan hampa atau kosong. Ketika Anda tidak memiliki tujuan akhir, Anda bisa sangat seringkali merasakan hidup tanpa makna. Maka memiliki tujuan untuk sukses adalah sebuah langkah awal anda untuk menggapai sukses… Sudahkah anda memiliki tujuan….

” Tujuan adalah cahaya yang membimbing anda mengarungi perjalanan sukses Anda ”

source: Erwin Arianto

~ oleh oretankoe pada Februari 26, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: