lepaskan diri dari insomnia

Setiap orang orang pasti pernah mengalami gangguan tidur seperti insomnia, meskipun hanya sesaat. Pada umumnya gangguan itu terjadi bila Anda mengalami stres atau merasa khawatir secara berlebihan. Namun bisa juga disebabkan karena mengalami rasa sakit secara fisik, depresi, kerja shif, mengkonsumsi kopi dan alkohol atau pun karena efek pengobatan yang sedang dijalani

Beberapa penelitian menyebutkan, bahwa perempuan ternyata dua kali lebih berisiko mengalami insomnia dibandingkan kaum laki-laki.

Hal ini dipicu oleh faktor sosial seperti masalah perceraian ataupun pekerjaan. Faktor usia juga sangat berpengaruh pada kualitas tidur sebagian besar perempuan.
Jika tidak ditanggulangi, Insomnia dapat membuat tubuh Anda terasa letih sepanjang hari, menurunnya kosentrasi dan kemampuan kerja, serta mengalami masalah dalam hubungan dengan pasangan maupun rekan kerja.
Meskipun pil penenang bisa membantu Anda, tapi itu sifatnya hanya untuk sementara. Hal yang paling mudah dilakukan adalah dengan mengatasi sumber penyebab gangguan tidur tersebut.

Tip berikut, mungkin bisa diterapkan :

Buatlah kamar tidur Anda senyaman mungkin. Lampu yang bewarna gelap dan suasana yang hening dapat membantu Anda tertidur dengan pulas.

Mulailah dengan mengatur jadwal rutin tidur Anda dan cobalah untuk pergi tidur pada waktu yang sama setiap malamnya.

Selalu sediakan waktu untuk berolahraga setiap hari. Banyaknya energi yang dikeluarkan dalam satu hari, akan membuat tidur Anda jauh lebih nyenyak.

Kurangi atau hindari mengkonsumsi kopi, obat penenang dan alkohol. Meskipun Anda mengkonsumsinya di pagi ataupun siang hari, tetap saja akan mempengaruhi kualitas tidur Anda.

Sebaiknya hindari mengkonsumsi camilan dalam porsi berlebihan di sore hari.

Mulailah mempelajari dan berlatih teknik relaksasi, seperti latihan pernapasan, meditasi dan yoga. Latihan ini sangat bagus dan bermanfaat bagi tubuh Anda.

Mandi air hangat sebelum tidur juga sangat baik dan dapat membantu kualitas tidur Anda. Apalagi ditambah dengan pijatan dari sang pasangan, sudah pasti tubuh dan pikiran Anda akan semakin relaks.

Sebaiknya hindari tidur siang, karena akan membuat Anda sulit tertidur pada malam hari. Tetapi Jika Anda sudah terbiasa tidur siang, cobalah untuk mengurangi waktu tidurnya. 30 menit sudah cukup untuk bisa mengistirahatkan mata Anda .

Bila Anda masih terjaga di tempat tidur selama 20 menit atau masih juga belum mengantuk. Segera bangun dan lakukan aktivitas seperti membaca atau mendengarkan musik. Bila rasa kantuk sudah menyerang, segeralah kembali ke tempat tidur.

~ oleh oretankoe pada Maret 5, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: