Anda Kesepian? Hati-hati, Karena Membahayakan Kesehatan

Bagaimana kehidupan sosial Anda? Apakah Anda termasuk tipe perempuan memiliki banyak teman dan suka bersosialisasi? Atau justru sebaliknya, lebih suka menyendiri dan menghindari keramaian?

Bila Anda tipe penyendiri, ubahlah kebiasaan Anda mulai sekarang. Pasalnya, suatu penelitian di Amerika Serikat menyebutkan rasa kesepian bisa membahayakan kesehatan dan memiliki risiko sama besar dengan orang yang merokok atau mengalami obesitas.

Kurangnya hubungan sosial antar sesama tidak hanya membuat Anda merasa tidak bahagia tetapi juga berdampak buruk pada kesehatan tubuh dan mental. Perasaan ditolak ataupun merasa terasingkan dapat meningkatkan tekanan darah, menyebabkan stres dan bahkan berisiko terhadap penyakit Alzheimer.

Penemuan tersebut diungkapkan oleh tim peneliti dari University of Chicago, Amerika Serikat. Menurut mereka, rasa kesepian tidak hanya mengubah perilaku seseorang tetapi juga berpengaruh pada sistem immun tubuh, tekanan darah serta meningkatkan risiko stres atau depresi. Kesepian juga bisa membuat seseorang mengalami susah tidur dan berisiko tinggi mengalami penyakit Alzheimer.

Professor John Cacioppo, selaku peneliti mengungkapkan bahwa perbedaan antara si penyendiri dengan orang yang banyak bergaul bagaikan antara perokok dan non perokok. Biasanya orang yang suka menyendiri cenderung tak peduli dengan hidupnya dan tidak bisa mengontrol diriya sendiri. Hal inilah yang membahayakan kesehatan mereka.

“Mereka yang kurang bergaul memiliki kesehatan yang kurang baik, karena mereka jarang berolahraga dan mengkonsumsi banyak kalori. Mereka merasa nyaman dengan mengkomsumsi makanan berlemak dan manis,” ucap Professor John Cacioppo.

connectique.com

~ oleh oretankoe pada Maret 6, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: